Bandwith / Traffic Pada Web Hosting

Traffic atau biasa di sebut Bandwidth dapat diartikan dengan ukuran dari transfer data yang telah dilakukan oleh website Anda. Bandwidth dipengaruhi dan ditentukan oleh jumlah pengunjung, banyaknya halaman yang dikunjungi dan juga besarnya file yang diakses.

Perusahaan Hosting memberikan batasan tertinggi untuk bandwidth yang digunakan sebuah website. Beberapa ada yang promosi dengan embel-embel Bandwidth Limit. Anda harus hati-hati dengan propaganda tersebut. Perusahaan hosting menyewa server dari datacenter yang akan mengenakan biaya tertentu untuk pemakaian bandwidth di atas quota yang mereka tentukan. Datacenter rata – rata memberikan limit 1- 2 terabytes per bulan. Selebihnya penyewa server harus membayar lagi untuk kelebihan pemakaian data transfernya.


Berikut kami sampaikan kembali yang mempengaruhi pemakaian bandwidth:

  1. Tampilan Website
  2. Ketika website anda di akses, maka bandwidth account anda akan berkurang sebesar halaman yang di load(dalam ukuran Byte). Website dengan banyak gambar dan video tentu akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibanding website yang menampilkan teks dan gambar.
  3. Upload dan Download
  4. Upload maupun Download file akan mengurangi bandwidth account Anda. Gunakan account anda dengan semaksimal mungkin, jika tidak diperlukan lebih baik mengurangi aktivitas upload/download.
  5. POP3 dan SMTP
  6. Penggunaan Email Client seperti outlook juga akan memakai bandwidth, baik itu mengirim email ataupun menerima. Attach file juga akan mengurangi lebih banyak bandwidth pada account Anda.
Bandwidth sangat penting bagi kelangsungan website Anda. Bandwidth anda habis, maka web tidak bisa diakses. Hati-hati dengan Unlimited Bandwidth karena secara logika juga hal ini sangat tidak dimungkinkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

follow me and i will follow you